4.dasar desain graphis

3.1 mendiskusikan unsur tata letak
  • Pengertian 
  Grafis
    Dalam Bahasa Inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak (Freddy Adiono Basuki, 2000).

  Desain
   Menurut Atisah Sipahelut (1991) diartikan sebagai bentuk rumusan dan suatu proses pemikiran. Rumusan atau proses pemikiran yang dituangkan dalam wujud gambar tersebut merupakan pengalihan gagasan kongkrit isi pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujud gambar. Dalam proses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan perlatan manual seperti kuas atau dengan teknologi komputer.

   DESAIN GRAFIS
   Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

  Desain grafis computer
   Adalah upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujud gambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer.

  Batasan media
   Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip & unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

  Unsur-unsur desain grafis
   Ibarat memasak menu yang spesial, ada komposisi bahan-bahan, serta cara meramu yang khusus dalam menghasilkan hidangan yang lezat. Demikian juga dengan desain grafis. Ada unsur-unsur yang harus dipahami oleh desainer grafis agar dapat menghasilkan komposisi desain yang estetik, harmonis, komunikatif dan menyenangkan untuk dinikmati audiens.
Unsur-unsur tersebut di antaranya, garis (line), ilustrasi (ilustration), tipografi (typografi), warna (color), gelap terang (value), tekstur (texture), dan ruang.

  Garis
   Garis adalah tanda untuk menghubungkan dua titik. Berbagai jenis garis muncul di mana-mana. Lihatlah di sekitar Anda dan Anda akan melihat baris yang lurus, lengkung, berbelok-belok, tipis, tebal, dan titik-titik.
Garis dapat digunakan untuk:
       Mengatur informasi.
       Penekanan kata.
       Menghubungkan informasi.
       Outline foto .
       Membuat kotak.
       Membuat bagan atau grafik.
       Membuat pola atau ritme dengan membuat banyak baris.
       Membuat penekanan langsung ke mata pembaca. (Membuat garis diagonal.)
       Mensugesti emosi.


Ilustrasi

Merupakan unsur grafis yang sangat vital dan dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan kompleks. Ilstrasi berfungsi untuk :
-          Menarik perhatian
-          Merangsang minat pembaca terhadap keseluruhan pesan
-          Memberikan ekplanasi atas pernyataan
-          Menonjolkan keistimewaan daripada produk
-          Memenangkan persaingan
-          Menciptakan suasana khas 
-          Dramatisasi pesan
-          Menonjolkan suatu merk atau semboyan dan mendukung judul iklan
Ilustrasi dapat berupa gambar, foto, maupun garfis lainnya. Gambar merupakan penjelasan yang dapat menerjemahkan isi iklan secara menyelururh, mempu menarik perhatian sekaligus menangkap pandangan secara sepintas. 

Ilustrasi dapat dihasilkan melalui beberapa teknik, yaitu :
  1. Gambar Tangan (Hand Drawing)
Ilustrasi gambar tangan dibuat secara keseluruhan menggunakan tangan, dengan memberikan ekspresi dan karakter tertentu untuk mendukung media komunikasi grafis yang dibuat, seperti iklan, poster, baliho, dan sebagainya.

  1. Fotografi
Ilustrasi berupa foto dihasilkan dengan teknik fotografi menggunakan kamera, baik manual maupun digital. Foto yang dihasilkan dengan kamera digital memungkinkan adanya pengolahan lebih lanjut, langsung tanpa scanning di komputer untuk memberikan ekspresi ataupun ilustrasi tertentu sesuai keinginan. Obyek fotografi menjadi lebih realistis, ekslusif, dan persuasif. Dalam keanyataan teknik hand drawing dan teknik fotografi dapat digabung.

 Tipografi
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

Warna
Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.
Warna dapat digunakan untuk:
       Sorot elemen penting dan utama seperti subheads.
       Menarik mata.
       Sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu.
       Membuat gambar atau moods.
       Mengatur.
       Bersama kelompok elemen atau mengisolasi mereka.
       Memprovokasi emosi.

Gelap terang
Salah satu cara terbaik untuk memudahkan unsur penangkapan pesan dalam visual grafis adalah dengan mengatur gelap dan terangnya. Ada dua pembagian dalam kategori ini, yaitu Low Contrast Value yang berarti penggunaan warna-warna yang kurang kontras. Visual yang dihasilkan akan cenderung kalem, statis, dan sederhana serta tenang. Sedangkan yang kedua adalah High Contrast Value, yaitu penggunaan warna-warna kontras dengan ekstrim, sehingga menghasilkan visual yang enerjik, ceria, dinamis, dramatis, dan penuh gairah.
Berdasarkan nilai dalam gelap dan terangnya, warna dibagi menjadi beberapa tingkatan. Paling terang adalah warna putih, kemudian warna tergelap adalah hitam.
Aturannya, warna gelap akan terbaca jika ditempatkan pada background terang.
Begitu pula sebaliknya, warna terang akan sangat mudah terbaca jika ditempatkan pada backgroundgelap.

Tekstur
Tekstur merupakan nilai raba atau lebih mudahnya adalah halus dan kasarnya sebuah permukaan benda. Dalam desain grafis, penggunaan tekstur dapat dimayakan untuk memberikan visual yang lebih berkarakter. Tekstur sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras dalam sebuah desain komunikasi visual.
Tekstur dapat digunakan untuk:
       Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood atau kepribadian.
       Kontras untuk membuat bunga.
       Bermain-main mata.
       Memprovokasi emosi.
       Membuat rasa kekayaan dan mendalam

Ruang
Ruang adalah jarak antara atau daerah atau sekitar sesuatu. Memisahkan ruang atau unifies, highlight, dan memberikan mata visual istirahat.
Ruang dapat digunakan untuk:
       Memberikan mata visual istirahat.
       Membuat hubungan antara unsur-unsur.
       Sorot salah satu elemen.
       Menaruh banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian kepadanya.
       Membuat layout mudah untuk mengikuti.
       Membuat tipe dibaca mungkin.


Keterampilan
Seni Visual
       Ilmu yang termasuk dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.

Tipografi
       Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi  melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

Tata Letak
       Tata letak adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.

Desain Interaksi
       Sejak perkembangan dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai berperan dalam merancang tampilan perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (InggrisGraphical User Interface (GUI))) dan tampilan dari halaman web. Desainer grafis bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang perangkat lunak dalam merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.

Peralatan desain grafis
       Peralatan utama yang digunakan dalam desain grafis adalah pikiran (ide). Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan kreatifitas.
       Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
       Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Contoh Software desain grafis
       
Desktop publishing
       Adobe Photoshop
       Adobe Illustrator
       Adobe Indesign
       Coreldraw
       GIMP
       Inkscape
       Macromedia Freehand
       Adobe image ready
       CorelDraw
       Adobe Page Maker
       Paint Tool SAI
       

Webdesign
       Adobe Dreamweaver
       Microsoft Frontpage
       Notepad
       Adobe Photoshop
       macromedia firework

 Audiovisual
       Adobe After Effect
       Adobe Premier
       Final Cut
       Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
       Ulead Video Studio
       Magic Movie Edit Pro
       Power Director
      

Rendering 3 Dimensi
       3D StudioMax
       Cinema 4d
       Maya
       AutoCad
       Google SketchUp
       Light Wave
       Blender
       Softimage


3.2 Dasar Desain Grafis (Fungsi dan Unsur Warna RGB dan CMYK)



Kompetensi Dasar 

3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB

4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.


Materi Pokok 
  • Fungsi warna CMYK dan RGB.
  • Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB.
  • Kombinasi warna CMYK dngan RGB


Uraian Materi 

A. Fungsi warna CMYK dan RGB.
Warna CMYK dan RGB merupakan dua komponen penting dalam teori warna. Dua komponen ini menjadi dasar dalam membentuk warna – warna lain. Sebelum membuat suatu desain, desainer harus menentukan terlebih dahulu desain tersebut akan dicetak atau hanya dipresentasikan melalui media monitor. Mengapa? Karena warna CMYK dan RGB akan menghasilkan hasil yang berbeda ketika ditampilkan dalam bentuk visual di monitor dan ketika dicetak. Lalu bagaimana cara mengatasi perbedaan ini?

 Langkah pertama adalah dengan mengetahui perbedaan dari warna CMYK dan warna RGB. Warna CMYK merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Warna CMYK seringkali digunakan untuk percetakan karena tinta di percetakan terdiri dari warna Cyan, Magenta, Yellow, dan Black . Warna CMY sendiri masih memantulkan sedikit warna – warna di RGB. Warna Cyan memantulkan warna Red atau Merah. Warna Magenta memantulkan warna Green atau Hijau dan warna Yellow memantulkan warna Blue atau Biru. Pantulan tersebut tidak diinginkan, disebut juga dengan hue error. Untuk menyiasatinya maka diberikan warna Black atau yang disebut Key dalam warna CMYK agar tiap komponen warna menjadi lebih pekat dan tidak memantulkan hue error tadi.

Sedangkan warna RGB merupakan warna Red, Green dan Blue. Ketiga warna ini menghasilkan kecerahan warna yang lebih cerah daripada warna CMYK. Karena itu, warna RGB sangat baik digunakan untuk presentasi visual di monitor. Bagi para desainer grafis, warna RGB lah yang paling sering digunakan. Namun, bagi mereka desainer grafis yang memiliki peminatan di bagian percetakan akan lebih sering memakai warna CMYK.

Bagaimana jika file sudah dalam bentuk RGB? Jika kalian sudah berada di tempat printing atau percetakan, berarti kalian harus menerima risiko turunnya warna jika diprint. Jika belum, kalian bisa merubah format file dari RGB ke CMYK. Hampir semua aplikasi khusus desain dapat merubah format warna dari RGB ke CMYK jadi hasil untuk diprint juga akan lebih baik dari pada diprint dengan format RGB. 

B. Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB.

Dalam dunia desain ada 2 macam unsur warna yaitu CMYK dan RGB. Apa persamaan dan perbedaan antara kedua type warna tersebut dan apa hubungannya dalam desain grafis. 

Persamaan :

CMYK & RGB itu sama-sama warna primer.

Perbedaan :

• RGB :  Red Green Blue (merah, hijau, biru)
· RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor
· Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor
· Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih

• CMYK : · Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
· CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
· CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
· Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam

Kesimpulan :

Untuk hasil terbaik pencetakan :
– Gunakan warna CMYK
– Kenali semua karakteristik perangkat anda (scanner, printer, monitor dll) dengan baik.

Untuk desain web dan desain grafis (output monitor)
– Gunakan warna RGB
– Biasakan mengerjakan dalam ruang cahaya yang terkontrol. mengerjakan disain pada siang dan malam hari juga menghasilkan perbedaan warna yang berbeda (terutama untuk RGB)


3.3 Prinsip-prinsip Tata Letak Desain Grafis


Prinsip-prinsip Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual  yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Prinsip-prinsip Desain
Prinsip-prinsip desain ialah suatu guide  yang dapat membantu anda dalam membuat desain sehingga desain akan mudah dan dapat menghasilkan desain yang good layout dan tidak menghasilkan desain yang dazzling.  Dengan menggunakan prinsip desain tersebut seorang desainer dapat dengan  mudah menyatukan komposisi dan kesan yang akan disampaikan pada sebuah desain.
Di dalam desain grafis terdapat 4 prinsip-prinsip yang dapat membantu menentukan  bagaimana menggunakan elemen desain.prinsip desain juga dapat membantu anda untuk  menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
Berikut  ialah prinsip-prinsip desain grafis:
*Keseimbangan (Balance)
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan  oleh ukurannya,kegelapan atau keringanan dan ketebalan dari baris.Ada 2  macam keseimbangan:Keseimbangan simetris yang merupakan susunan elemen  untuk meratakan dari kiri ke kanan dari pusat.yang kedua ialah keseimbangan asimetris ialah pengaturan yang berbeda dengan berat yang sama di setiap sisi halaman.
Unsur keseimbangan dapat digunakan warna,nilai,ukuran,bentuk,tekstur.
(gambar 1.1Gambar-gambar berikut adalah contoh  keseimbangan/balance)
*Irama(rhythm)
Irama(rhythm)adalah pola(alunan nada) berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda.pengulangan atau variasi adalah kunci untuk visual ritme. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.
(Gambar 1.2 gambar-gambar contoh irama/rhythm)
*Penekanan(emphasizing)
Penekanan adalah yang berdiri  atau mendapat perhatian pertama/terfokuskan.
Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk menarik pembaca mata ke bagian penting dari tata letak.
(Gambar 1.3 gambar-gambar contoh penekanan)
*Proporsi
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik bersama.kesatuan suatu objek , elemen-elemen kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti bersatu/milik bersama.ulangi warna,bentuk,dan  tekstur.gunakan kotak untuk membuat kerangka untuk margin,kolom,jarak dan proporsi.
(Gambar1.4 gambar-gambar contoh proporsi)
*Harmoni(keserasian)
kontras memberikan kesan aktif dan kuat, sehingga menarik perhatian pembaca, maka harmoni menunjukkan kesan yang sebaliknya, yaitu pasif. Harmoni berfungsi sebagai faktor “pengaman” agar publikasi tidak terlalu ramai dan hiruk pikuk.
(gambar 1.5 gambar-gambar contoh harmoni)

Prinsip-prinsip Tata Letak Desain Grafis

Prinsip-prinsip Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual  yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Prinsip-prinsip Desain
Prinsip-prinsip desain ialah suatu guide  yang dapat membantu anda dalam membuat desain sehingga desain akan mudah dan dapat menghasilkan desain yang good layout dan tidak menghasilkan desain yang dazzling.  Dengan menggunakan prinsip desain tersebut seorang desainer dapat dengan  mudah menyatukan komposisi dan kesan yang akan disampaikan pada sebuah desain.
Di dalam desain grafis terdapat 4 prinsip-prinsip yang dapat membantu menentukan  bagaimana menggunakan elemen desain.prinsip desain juga dapat membantu anda untuk  menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
Berikut  ialah prinsip-prinsip desain grafis:
*Keseimbangan (Balance)
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan  oleh ukurannya,kegelapan atau keringanan dan ketebalan dari baris.Ada 2  macam keseimbangan:Keseimbangan simetris yang merupakan susunan elemen  untuk meratakan dari kiri ke kanan dari pusat.yang kedua ialah keseimbangan asimetris ialah pengaturan yang berbeda dengan berat yang sama di setiap sisi halaman.
Unsur keseimbangan dapat digunakan warna,nilai,ukuran,bentuk,tekstur.
(gambar 1.1Gambar-gambar berikut adalah contoh  keseimbangan/balance)
*Irama(rhythm)
Irama(rhythm)adalah pola(alunan nada) berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda.pengulangan atau variasi adalah kunci untuk visual ritme. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.
(Gambar 1.2 gambar-gambar contoh irama/rhythm)
*Penekanan(emphasizing)
Penekanan adalah yang berdiri  atau mendapat perhatian pertama/terfokuskan.
Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk menarik pembaca mata ke bagian penting dari tata letak.
(Gambar 1.3 gambar-gambar contoh penekanan)
*Proporsi
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik bersama.kesatuan suatu objek , elemen-elemen kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti bersatu/milik bersama.ulangi warna,bentuk,dan  tekstur.gunakan kotak untuk membuat kerangka untuk margin,kolom,jarak dan proporsi.
(Gambar1.4 gambar-gambar contoh proporsi)
*Harmoni(keserasian)
kontras memberikan kesan aktif dan kuat, sehingga menarik perhatian pembaca, maka harmoni menunjukkan kesan yang sebaliknya, yaitu pasif. Harmoni berfungsi sebagai faktor “pengaman” agar publikasi tidak terlalu ramai dan hiruk pikuk.
(gambar 1.5 gambar-gambar contoh harmoni)

Prinsip-prinsip Tata Letak Desain Grafis

Prinsip-prinsip Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual  yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Prinsip-prinsip Desain
Prinsip-prinsip desain ialah suatu guide  yang dapat membantu anda dalam membuat desain sehingga desain akan mudah dan dapat menghasilkan desain yang good layout dan tidak menghasilkan desain yang dazzling.  Dengan menggunakan prinsip desain tersebut seorang desainer dapat dengan  mudah menyatukan komposisi dan kesan yang akan disampaikan pada sebuah desain.
Di dalam desain grafis terdapat 4 prinsip-prinsip yang dapat membantu menentukan  bagaimana menggunakan elemen desain.prinsip desain juga dapat membantu anda untuk  menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
Berikut  ialah prinsip-prinsip desain grafis:
*Keseimbangan (Balance)
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan  oleh ukurannya,kegelapan atau keringanan dan ketebalan dari baris.Ada 2  macam keseimbangan:Keseimbangan simetris yang merupakan susunan elemen  untuk meratakan dari kiri ke kanan dari pusat.yang kedua ialah keseimbangan asimetris ialah pengaturan yang berbeda dengan berat yang sama di setiap sisi halaman.
Unsur keseimbangan dapat digunakan warna,nilai,ukuran,bentuk,tekstur.
(gambar 1.1Gambar-gambar berikut adalah contoh  keseimbangan/balance)
*Irama(rhythm)
Irama(rhythm)adalah pola(alunan nada) berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda.pengulangan atau variasi adalah kunci untuk visual ritme. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.
(Gambar 1.2 gambar-gambar contoh irama/rhythm)
*Penekanan(emphasizing)
Penekanan adalah yang berdiri  atau mendapat perhatian pertama/terfokuskan.
Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk menarik pembaca mata ke bagian penting dari tata letak.
(Gambar 1.3 gambar-gambar contoh penekanan)
*Proporsi
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik bersama.kesatuan suatu objek , elemen-elemen kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti bersatu/milik bersama.ulangi warna,bentuk,dan  tekstur.gunakan kotak untuk membuat kerangka untuk margin,kolom,jarak dan proporsi.
(Gambar1.4 gambar-gambar contoh proporsi)
*Harmoni(keserasian)
kontras memberikan kesan aktif dan kuat, sehingga menarik perhatian pembaca, maka harmoni menunjukkan kesan yang sebaliknya, yaitu pasif. Harmoni berfungsi sebagai faktor “pengaman” agar publikasi tidak terlalu ramai dan hiruk pikuk.
(gambar 1.5 gambar-gambar contoh harmoni)

Prinsip-prinsip Tata Letak Desain Grafis

Prinsip-prinsip Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual  yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Prinsip-prinsip Desain
Prinsip-prinsip desain ialah suatu guide  yang dapat membantu anda dalam membuat desain sehingga desain akan mudah dan dapat menghasilkan desain yang good layout dan tidak menghasilkan desain yang dazzling.  Dengan menggunakan prinsip desain tersebut seorang desainer dapat dengan  mudah menyatukan komposisi dan kesan yang akan disampaikan pada sebuah desain.
Di dalam desain grafis terdapat 4 prinsip-prinsip yang dapat membantu menentukan  bagaimana menggunakan elemen desain.prinsip desain juga dapat membantu anda untuk  menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
Berikut  ialah prinsip-prinsip desain grafis:
*Keseimbangan (Balance)
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan  oleh ukurannya,kegelapan atau keringanan dan ketebalan dari baris.Ada 2  macam keseimbangan:Keseimbangan simetris yang merupakan susunan elemen  untuk meratakan dari kiri ke kanan dari pusat.yang kedua ialah keseimbangan asimetris ialah pengaturan yang berbeda dengan berat yang sama di setiap sisi halaman.
Unsur keseimbangan dapat digunakan warna,nilai,ukuran,bentuk,tekstur.
(gambar 1.1Gambar-gambar berikut adalah contoh  keseimbangan/balance)
*Irama(rhythm)
Irama(rhythm)adalah pola(alunan nada) berulang yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda.pengulangan atau variasi adalah kunci untuk visual ritme. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.
(Gambar 1.2 gambar-gambar contoh irama/rhythm)
*Penekanan(emphasizing)
Penekanan adalah yang berdiri  atau mendapat perhatian pertama/terfokuskan.
Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk menarik pembaca mata ke bagian penting dari tata letak.
(Gambar 1.3 gambar-gambar contoh penekanan)
*Proporsi
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik bersama.kesatuan suatu objek , elemen-elemen kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti bersatu/milik bersama.ulangi warna,bentuk,dan  tekstur.gunakan kotak untuk membuat kerangka untuk margin,kolom,jarak dan proporsi.
(Gambar1.4 gambar-gambar contoh proporsi)
*Harmoni(keserasian)
kontras memberikan kesan aktif dan kuat, sehingga menarik perhatian pembaca, maka harmoni menunjukkan kesan yang sebaliknya, yaitu pasif. Harmoni berfungsi sebagai faktor “pengaman” agar publikasi tidak terlalu ramai dan hiruk pikuk.
(gambar 1.5 gambar-gambar contoh harmoni)

3.4 Berbagai Macam Atau Jenis Format / Ekstensi File Dan Kegunaannya

9 Comments



Dalam dunia komputer , kita mengenal berbagai macam format file . Antara lain :
PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.

JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.
JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio.

Format JPEG (Joint Photographic Expert Group) adalah salah satu alternatif selanjutnya yang dapat kita pakai untuk memperoleh sebuah hasil yang memuaskan. Kelebihan dari format JPEG (baca jey-peg) adalah,
·  dukungan warna yang lebih dari 16 juta atau 24 bit, sehingga hasil yang maksimal dari sebuah gambar dapat diperoleh
·  fitur kompresi kualitas gambar yang ditawarkan membuat saya dapat memilih besar kecilnya file gambar yang akan dihasilkan nantinya dan
·  tersedianya fitur Progressive JPEG, yang mirip seperti interlacing pada GIF.

GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.
Format GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format file yang paling banyak disarankan dan digunakan. Kelebihan Format ini antara lain adalah :
·  ukuran file yang dihasilkan relatif kecil
·  mampu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan dan menampilkannya secara bergantian (animasi)
·  warna latar belakang dapat dibuat transparan dan
·  adanya teknologi interlacing yang akan membuat sebuah file di load secara utuh dengan kualitas yang ditampilkan secara bertahap.

TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color

PDF (Portable Document Format)
Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.

PNG (Portable Network Graphic)
Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.
Format PNG (Portable Network Graphic), Adapun beberapa kelebihan dari format tersebut adalah,
·  punya semua kelebihan GIF, kecuali animasi
·  fitur Interlacing 2 dimensi yang terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan interlacing milik GIF
·  tersedianya 2 format file yaitu PNG8 (256 warna) dan PNG24 yang membuat desainer dapat lebih leluasa memilih kualitas gambar dan
·  teknik kompresi lossless yang digunakan akan menghasilkan ukuran file yang kecil dengan tidak mengalami penurunan kualitas gambar, bandingkan dengan JPEG yang menggunakan teknik kompresi lossy yang dipastikan akan membuat kualitas gambar menurun.

PIC (Pict)
Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.

IFF (Interchange File Format)
Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukarandokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

SCT (Scitex Continous Tone)
Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputerScitex. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, danGrayscale namun tidak mampu menyimpan alpha channel.

PXR (Pixar)
Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file inimampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

RAW
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasidan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscaledengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

DCS (Dekstop Color Separation)
Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format inimampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering
digunakan untuk proses percetakan (publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.

FORMAT KOMPRESI
Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik dan multimedia selalumemerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika dibuka tidak akan lambat.
Untukkeperluan tersebut diperlukan kompresi. Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.

RLE (Run Length Encoding)
Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Digunakan oleh AdobePhotoshop, TIFF dan sebagian besar program yang terdapat dalam Windows.

LZW (Lemple-Zif-Welf)
Sama seperti kompresi RLE, kompresi ini juga mampu mengkompres file tanpa menghilangkandetail. Kompresi ini digunakan oleh TIFF, PDF, GIF, dan format yang mendukung bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik untuk mengkompres gambar dengan area besar yang menggunakan 1 warna.

JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail. Format file ini sering digunakanoleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto.

CCIT
CCIT merupakan singkatan dari bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut International Telegraph and Telekeyed Consultive Commitee. Kompresi ini digunakan untuk mengkompres gambar hitam putih, dan mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detailnya. Kompresi ini sering digunakan oleh PDF dan format lain yang menggunakan bahasa postscript.

CATATAN
- Ketika menyimpan dokumen pada format file yang tidak dapat menyimpan informasi layer, maka Anda harus mengubah gambar tersebut menjadi flaten image terlebih dulu.
- Format file yang dapat menyimpan mode warna Duotone hanyalah EPS, RAW, dan PSD. Oleh karena itu, ketika ingin menyimpan dalam format lain maka Anda harus mengubah mode warnanya terlebih dulu, menjadi RGB bila dokumen tidak ingin dicetak, karena informasi Duotone-nya akan diuraikan menjadi RGB.
- Format file yan dapat menyimpan mode warna Lab Color hanyalah PSD, RAW, TIF, PDF, dan EPS. Format file yang dapat menyimpan mode warna CMYK hanyalah PSD, RAW, EPS, TIF, JPG, PDF, dam SCT.
- Mode warna Indexed Color dapat menyimpan beberapa format file sesuai seting indexed color-nya.
- Mode warna RGB dapatdisimpan pada semua format file yang ada di Adobe Photoshop.
Format yang direkomendasikan oleh para desainer profesional adalah
• PSD = untuk dokumen yang masih ingin diedit kembali
• EPS = untuk dokumen yang sudah final untuk persiapan cetak
• JPG = untuk cetak dengan kompresi di atas 8 bit dan untuk foto dalam web dengan
kompresi di bawah 5.
• GIF = untuk ilustrasi dan animasi pada halaman web.
• TIF = untuk cetak, pertukaran dokumen antar platform serta sequence animasi

Macam – macam Format  ANIMASI 2D  dengan menggunakan aplikasi Flash sbb:
·  Dalam flash ada 2 format yang akan otomatis terbuat jika anda membuat sebuah animasi, yaitu ” .fla ” dan” .swf  ” . File yang ber-extensi .fla adalah format asli pada Flash yang di dalamnya menyimpan layer – layer dan frame-frame . Sedangkan file yang ber-extensi .swf adalah file yang terbentuk jika anda melakukan test movie , .swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d lainya.
·  Dalam flash juga menyediakan jasa untuk meng-export animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi (.exe)


Animasi 3 Dimensi
Animasi 3d adalah animasi yang seolah -olah menggambarkan object dalam animasi tersebut terlihat nyata, yakni tidak hanya memiliki panjang dan tinggi saja tetapi juga memiliki lebar.
Contoh format file animasi 3 dimensi :

dari aplikasi 3 DSmax : file.max
dari aplikasi Ulead 3d : file.c3d

Macam – macam format file Audio (suara) :
·  64-bit doubles (RAW) –> file.dbl
·  8-bit signed –> file.sam
·  A/mu-Law Wave –> file.wav
·  ACM Waveform –> file.wav
·  Amiga-IFF-8SVX –> file.iff atau file.svx
·  Apple AIFF –> file.aif atau file.snd
·  ASCII Text Data –> file.txt (##saya: sejujurnya saya juga bingung knp file ini masuk kategori audio O_O’  eh tapi kata sensei –guru– saya nggak semua file yang kita kita audio itu menyimpan data yang berupa audio ada juda yang bisa digunakan sebagai database, contoh : file DAT , pada umumnya file ini isinya video tapi ada juga yang berupa database.)
·  Audition Loop –> file.cel
·  Creative Sound Blaster –> file.voc
·  Dialogic ADPCM –> file.vox
·  DiamondWire Digitized –> file.dwd (#saya : nama file nya cakep amat |iri mode on|)
·  DVI/IMA ADPCM –> file.wav
·  Microsoft ADPCM –> file.wav
·  mp3 PRO * (fHG) –> file.mp3
·  Next/Sun –> file.au atau file.snd
·  SampleVision –> file.smp (#saya : smp = sekolah menengah pertama wkwkwkwkwkw)
·  Windows media audio –> file.wma
·  Windows PCM –> file.wav
·  PCM Raw Data –> file.raw atau file.pcm


Macam – macam format file video :
Video merupakan gabungan antara animasi (2d dan 3d) dan suara.
·  DAT file
·  MP4
·  3GP
·  FLV
·  AVI
·  MKV
·  WMP
·  MPEG
·  dll (dan lainnya lupa :D )


Macam – macam bahasa pemrogaman :
·  PHP
·  HTML
·  ASP
·  JS
·  XML
·  Pascal
·  C

Sumber : http://ilmucerdas.wordpress.com/profil/pengertian-berbagai-format-file/
(yang telah saya tata ulang kembali supaya mudah dibaca dan dipahami)




(.wma) : merupakan file suara dari Windows. WMA merupakan singkatan dari Windows Media Audio.

(.rm) : merupakan file suara yang memiliki kemiripan dengan .amr.

(.rma) : hampir sama dengan .rm.

(.3gp) : merupakan file video yang standar untuk ponsel. File ini merupakan hasil dari rekaman video dengan ponsel.

(.avi) : merupakan file video yang biasa dapat dibuka di ponsel dengan menggunakan SmartMovie atau dvixPlayer. Di komputer file .avi dapat dibuka dengan Windows Media Player.

(.mp4) : merupakan file video yang sering ditemukan pada ponsel. Aplikasi ponsel yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah Real One Player, PVPlayer, SmartMovie yang dilengkapi codec mp4.

(.mpg) : merupakan file video yang jarang ditemukan di ponsel tetapi banyak ditemukan di komputer.

(.flv) : file video jenis .flv memiliki kesamaan dengan file video dengan format .mpg.

(.swf) : file video ini hanya dapat dibuka dengan aplikasi Flash Player. Contohnya : Macromedia Flash Player.

(.wmv) : merupakan file video yang jarang ditemui di ponsel. Di komputer file .wmv dapat dibuka dengan Windows Media Player. WMV merupakan singkatan dari Windows Media Video.

(.zip) : merupakan file arsip yang terdiri dari beberapa file. Kegiatan untuk membuat suatu file menjadi file arsip dikenal dengan nama "compress", sedangkan membuat file arsip menjadi file biasa disebut "extract". Aplikasi ponsel yang digunakan untuk membuka adalah Winrar Mobile, Eokzip, dan aplikasi file manager seperti X-plore. Di komputer file arsip biasanya dibuka dengan Winrar, Winzip, Irhzac, dan lain-lain.

(.rar) : merupakan file arsip yang sama dengan .zip bedanya file .rar mampu mengkompres suatu file menjadi ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan .zip.

(.tar) : merupakan file arsip yang hampir sama dengan .rar dan .zip.

(.spk) : merupakan file arsip untuk ponsel dengan menggunakan aplikasi Stacker. Stacker tidak hanya untuk mengkompres file tetapi juga aplikasi.

(.txt) : merupakan file teks yang dapat dibaca dengan aplikasi Catatan atau Notepad. Txt ada yang unicode, yaitu teks yang berisi karakter baik huruf, angka, maupun tanda baca. Sedangkan file .txt yang tidak unicode bisa saja berisi perintah-perintah untuk sistem operasi.

(.htm) : merupakan file dokumen untuk membentuk suatu halaman web.

(.html) : sama dengan .htm yang juga merupakan dokumen pembentuk halaman web. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. File .html dapat dibuat dengan menggunakan Notepad dengan membuat perintah-perintah tertentu (bahasa html) pada file .txt tersebut lalu file disimpan dalam bentuk bukan unicode. Kemudian nama ekstensi file diubah menjadi .html. Di ponsel file .html dapat dibuka dengan aplikasi Service yang merupakan aplikasi yang memang sudah ada pada ponsel atau dengan aplikasi lain seperti Netfront, Doris Browser, ataupun Avantgo. Untuk membuka file .html yang disimpan pada memori masukkan "file:/e:/ (nama folder)/ namafile.html" pada alamat url-nya. Di komputer file .html dapat dibuka dengan aplikasi seperti Modzilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Chrome, Netscape Navigator, ataupun Suffer. File html dapat disisipi dengan file gambar, suara, bahkan video. (.xhtml) : merupakan bentuk lain dari .html, namun memiliki fungsi yang sama dengan .html.

(.css) : merupakan perintah-perintah untuk mempermudah pembuatan file .html. File .css ini biasanya disisipi ke file .html. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. File .css biasa digunakan untuk tema wap/web.

(.js) : merupakan perintah untuk membuat Javascript pada file .html. File .js biasa disisipi ke file .html.

(.log) : merupakan file dokumen yang menjadi catatan yang secara otomatis akan mencatat apa saja yang telah kita lakukan. Contohnya saat kita meng-install suatu sistem aplikasi maka secara otomatis file .log mencatat bahwa aplikasi itu sudah terpasang.

(.ini) : merupakan file sistem pada suatu sistem aplikasi. File jenis ini biasanya berguna sebagai penyimpan perintah-perintah yang kita berikan kepada suatu sistem aplikasi.

(.bin) : merupakan file yang hampir sama dengan file .ini.

(.cfg) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.fol) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.isf) : memiliki fungsi yang hampir sama dengan file .ini hanya saja formatnya berbeda.

(.aex) : hampir sama dengan file .ini.

(.aif) : file .aif biasanya merupakan file video, namun dalam ponsel Symbian file .aif berfungsi sebagai gambar ikon untuk suatu sistem aplikasi.

(.mpn) : merupakan file sistem untuk aplikasi game terutama game buatan Synergenix. Fungsinya sebagai penyimpan data game yang dimainkan.

(.hlp) : merupakan file yang berfungsi memberikan bantuan tentang suatu aplikasi dengan perantara aplikasi Help yang memang ada pada ponsel.

(.rsc) : merupakan file sistem yang berfungsi sebagai pemberi kata-kata pada sistem aplikasi. Kata-kata pada menu-menu suatu sistem aplikasi berasal dari file .rsc.

(.app) : merupakan file sistem yang mengatur suatu sistem aplikasi. Saat suatu aplikasi diaktifkan file .app akan memeriksa seluruh file sistem lalu menampilkan file-file sistem yang ada.

(.jar) : merupakan file untuk aplikasi Java. File .jar sebenarnya merupakan file arsip yang di dalamnya berisi file-file sistem.

(.jad) : file yang hampir sama dengan .jar. Namun berbeda cara download-nya.

(.mp3skin) : merupakan file sistem pada aplikasi Ultramp3 yang berfungsi sebagai skin. File mp3skin merupakan file arsip yang terdiri dari beberapa file.

(.dta) : merupakan file sistem pada suatu aplikasi. File .dta merupakan file arsip yang di dalamnya terdiri dari beberapa file sistem.

(.dat) : merupakan file sistem yang memiliki kesamaan fungsi dengan file dengan format .ini.

(.r01-r99) : merupakan file sistem. File tersebut biasanya berisi perintah-perintah pada sistem aplikasi.

(.mdl) : merupakan file sistem. File .mdl biasa ditemukan di folder "recogs".

(.gdr) : merupakan file sistem yang mengatur jenis huruf dalam sistem aplikasi maupun sistem operasi.

(.dll) : merupakan file sistem yang membuat suatu sistem operasi dapat membuka file tertentu. Contohnya adalah codec pada aplikasi SmartMovie, Codecmp4 dapat membuat SmartMovie dapat membuka file .mp4 akan tetapi tanpa Codecmp4 file .mp4 tidak dapat dibuka oleh SmartMovie.

(.exe) : merupakan file sistem yang dibuka oleh Dosserver. Pada ponsel file .exe memiliki kegunaan tertentu.

(.vcf) : file .vcf merupakan file yang dapat dibuat dengan aplikasi yang bernama SmartVcard. Aplikasi SmartVcard mengubah nomor kontak yang ada di ponsel menjadi file .vcf yang dibaca sebagai Bussines Card.

(.skn) : file .skn dibuat dengan aplikasi SkinEditor. Kegunaan file .skn adalah untuk menjadi skin pada aplikasi SmartLauncher.

(.prc) : merupakan file dokumen E-book yaitu buku elektronik. File .prc dibuat dengan mengubah file .txt dengan menggunakan aplikasi E-book Maker. Aplikasi untuk membuka file .prc di ponsel adalah E-book Viewer.

(.pdb) : merupakan file dokumen. Pada ponsel, file .pdb dapat dibuka dengan aplikasi E-book Viewer dan Quickword.

(.doc) : merupakan file dokumen yang merupakan hasil dari program aplikasi pengolah kata di komputer file .doc dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Di ponsel, khususnya Symbian S60V2 aplikasi yang digunakan untuk menampilkan dan membuat file .doc adalah Quickword. Selain Quickword, ada aplikasi file manager yang dapat membuka file .doc yaitu X-plore.



3.5 Prosesedur Scanning Gambar

Scanner merupakan  mesin yang dapat  menyalin suatu  image dan text kedalam bentuk file  image (bmp, jpg  dan lain-lain) dan file  doc. File  image dan doc tersebut  dapat  diolah lebih lanjut baik untuk keperluan pelaporan maupun disain suatu  halaman gambar. Image dapat berupa foto, gambar dan grafis lainnya.
A.  Mengenal bagian-bagian mesin scanner
Bila    Anda  baru   mengenal   mesin  scanner,  maka   berikut  ini sebaiknya disimak dengan seksama, karena pada bagian ini anda akan dikenalkan dengan hal-hal mendasar  mengenai bagaimana bekerja dengan mesin scanner, seperti misalnya bagaimana menggunakan   mesin  scanner  yang merupakan  kelengkapan komputer yang mungkin belum biasa anda gunakan, dan bahkan baru sama sekali anda kenali. Dibawah ini adalah salah satu jenis scanner.
Jenis – jenis Scanner
o. Berdasarkan penempatannya
1. FLATBED SCANNER
FLATBED SCANNER
Yaitu , scanner yang cara pengoprasiannya diletakkan secara mendatar.
2. HANDHELD SCANNER
HANDHELD SCANNER
Yaitu , scanner yang cara pengoprasiannya dengan cara dipegang.
o. Berdasarkan objek yang dipindahi
1. IMAGE SCANNER
IMAGE SCANNER
Yaitu , scanner yang digunakan untuk memindahkan gambar atau image.
2. OPTICAL CHARACTER READER (OCR)
OPTICAL CHARACTER READER (OCR)
Yaitu , scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindahi.
3. BARCODE SCANNER
BARCODE SCANNER
Yaitu , scanner yang mampu membaca balok – balok barcode dalam bentuk alfabet.
4. HEURISTIK SCANNER
HEURISTIK SCANNER
Yaitu , scanner yang dapat membaca kode – kode berdasarkan aturan tertentu
Printer Scanner
Printer Scanner
Dengan perkembangan teknologi, sekarang terdapat penggabungan antara printer dan scanner. Perangkat keras ini berfungsi ganda sehingga dapat mencetak dan memindai sekaligus.
B. Pengoperasian mesin scanner
Pada  prakteknya,  mengenali dan  menjalankan mesin  scanner tidaklah sulit seperti apa yang dibayangkan seperti  pada contoh mesin scanner yang tampak di atas  akan mudah dapat diketahui bagian-bagian dari sebuah mesin scanner.
Sebelum  menjalankan  mesin  scanner,  pastikan  dahulu  kabel scanner yang sudah disediakan, terhubung antara mesin scanner dengan  komputer, pada  komputer melalui port USB.  Selain itu pastikan software driver untuk scanner sudah terinstall. Apabila setelah software  driver      diinstall,     selanjutnya     mengaktifkan software driver   ke device  manager   dengan  langkah-langkah sebagai berikut:
a.   Klik  start >  control panel akan muncul halaman tampil sebagai berikut.
b.   klik   icon  “Scanners and Cameras”  
 
c.   Pada halaman “Scanners and Cameras”, ada  icon “Add an imaging device”. Icon tersebut di-klik.
d.    Akan muncul halaman pilihan jenis-jenis pabrik dan type scanner.
e.   Arahkan pointer ke jenis scanner yang sesuai, kemudian klik next untuk melanjutkan operasi.
f.    Lakukan kembali  klik   next  berikut  ini,   kemudian  klik   finish  untuk mengakhiri proses
g.  Hasil akhir  terlihat  pada   control  panel   icon  halaman  “Scanners and Cameras” muncul Jenis  Scanner sesuai dengan spesifikasi scanner yang Anda miliki.
Setelah  melakukan device  terhadap  driver scanner  yang  kita miliki, kemudian  melakukan scanning  terhadap  suatu  image (gambar,  foto dan  lain-lain). Lakukan langkah-langkah  sebagai berikut;
  • Letakkan image (gambar, foto dan lain-lain) diatas lensa optic lalu  tutup.
  • Kemudian  lakukan klik  start –> All program –> Arcsoft Photo Studio 5,5 –> photo studio 5,5.
  • Program photo studio akan tampil sebagai berikut:
  • Klik icon scanner atau klik File –> Acquire, maka akan muncul halaman scanning seperti berikut ini:
  • Klik  tombol Preview / Pratinjau untuk melihat obyek yang ada di mesin scanner.
  • Tentukan selection (garis putus-putus yang bergerak seperti semut berjalan)
  • Klik  tombol scan / Pindai  seperti  diatas  dan  biarkan jangan  diganggu atau dihentikan selama proses scanning
  • Setelah  proses  scanning  selesai  muncullah foto pada tampilan  di sebelah kiri.
  • Untuk dapat disimpan dalam bentuk file tertentu maka harus menutup scan gear dulu dengan meng-klik Close
  • Kemudian klik menu file  –> save as
  • Berilah nama file  pada kotak dialog dengan extention jpg, kemudian klik save

C.     Entry, edit dan menyimpan data
Untuk membuat file  image sudah dijelaskan di atas, dari hasil scanning bisa langsung di-entry/dimasukkan kedalam hard disk atau disket dalam bentuk file  (bmp, jpg dan lain-lain). Untuk mengolah image atau pengeditan image yang berbentuk gambar dapat menggunakan software Adobe Photoshop atau program lainnya.Sebagai  contoh dengan  menggunakan  program “photostudio 5,5”.
Cara membuka image yang tersimpan pada harddisk atau disket adalah dengan  langkah- langkah sebagai berikut:
a. Buka program photostudio 5,5  kemudian klik menu file  > open.
b. Carilah letak file pada folder dan meng-kliknya untuk membuka file tersebut kemudian meng-klik tombol open.
c. File  image akan menampilkan image yang telah tersimpan tersebut.
d. Untuk memperluas image klik icon maximize
e. Fungsi yang ada pada menu bar memutar gambar 15 derajat, klik menu edit >  Rotate
Rotate : isikan 15 kemudian OK
f. Fungsi untuk menggandakan gambar klik stich
klik ok
g. Menambahkan teks
h. Mengedit warna, cahaya contras dan lain-lain,
klik effect
=================================
Sebagai contoh adalah seperti berikut ini :
–          Klik effects  >  Framing  >  Solid frame
–          Enhance  >  Brighness and Contrast
–          Klik Stamp



  •  3.6menerapkan software pengolah gmbr vektor

Perangkat Lunak Pengolah Grafis Berbasis Vektor
Berbicara mengenai grafik atau grafis akan sangat terkait dengan gambar,foto,lukisan,dan tulisan. Jika anda memperhatikan logo-logo produk barang yang dijual dipasaran,pasti anda akan menilai bahwa logo –logo tersebut sangat bagus dan menarik, logo-logo tersebut juga memiliki komposisi yang menarik sehingga terlihat begitu unik. Dan pasti anda juga bertanya-tanya bagaimana cara membuat logo tersebut sehingga menjadi bagus dan menarik .
Anda pasti berfikir secara logika tidak mungkin jika menggunakan secara manual  hasilnya  begitu menarik dan unik seperti ini, pasti semua itu berkaitan dengan komputer.mengingat banyaknya progam aplikasi pengolah gambar (grafis) yang beredar dipasaran. Disini saya akan memaparkan tipe-tipe desain grafis.
Desain grafis berasal dari dua kata yaitu,desain dan grafis.kata “desain”yang berarti proses untuk mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Setelah itu “grafis”yang berarti titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.dengan demikian bisa disimpulkan bahwa desain grafis adalah: kombinasi kompleks antara kata-kata,gambar,angka,grafik,foto,dan ilustrasi yag sangat membutuhkan pemikiran khusus untuk menggabungkan elemen-elemen tersebut,sehingga bias menghasilkan sesuatu yang berguna dan menarik dalam gambar tersebut.
Desain grafis suatu komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan.di dalam menekuni seni desain grafis harus mempunyai kemampuan yang mencangkup keterampilan,tampilan hurus,gambar,dan page layout untuk menciptakan suatu rancangan yang efektif dan komunikatif. Untuk membuat sebuah desain grafis tentunya anda harus mempunyai prinsip-prinsip dasar yaitu antara lain, keseimbangan,ritme,tekanan,proporsi,dan kesatuan. Pada saat ini desain grafis menadi hal yang sangat penting.segala bidang usaha selalu membutuhkan jasa desainer untuk membantu memperindah penampilan produknya agar lebih menarik dan unik.software-software yang digunakan untuk membuat desain grafis antara lain adalah,CorelDRAW,Adobe photoshop,page maker,adobe indesign,dan adobe illustrator.
Saya juga akan menelaskan mengenai tipe-tipe desain grafis,pada dasarnya desain grafis mempunyai dua tipe yaitu :
  • Gambar berbasis bitmap
  • Gambar berbasis bitmap atau yang sering disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik yang berdiri sendiri,dan mempunyai warna sendiri.gambar dengan format bitmap memerlukan ruang penyimpanan data yang relative besar, sebanding dengan ukuran dan revolusi gambar yang dimiliki.semakin besar revolusi gambar yang dimiliki gambar bitmap semakin besar juga ukuran file pada gambar tersebut.
  • Gambar berbasis vector
  • Gambar berbasis vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector.kumpulan dari beberapa garis dan kurva tersebut nantinya akan membentuk suatu obek dan gambar.

REPORT THIS AD

Komentar